Pages - Menu

Jumat, 12 Desember 2014

Tutorial RPG Maker VX Ace bagian 1

Hai! kali ini gue bakal mengajarkan cara membuat tileset untuk RPG Maker VX Ace.


RMVXA adalah software untuk membat game 2D.
Keunggulannya :
  1. Lo bisa bikin game tanpa harus bisa bahasa pemrograman
  2. nggak berat buat komputer
  3. mudah digunakan
Lo bisa dapetin RMVXA dari mbah gugel atau beli softwarenya.

berikut tampilan awal beserta keterangannya.



 keterangan:


  1. New (Jelas lah...)
  2. Open
  3. Save (Sering-seringlah memencet icon ini)
  4. Map (masuk mode untuk mengedit map)
  5. event (Masuk mode untuk mengedit event)
  6. Region (Masuk mode pengeditan region/wilayah. Dipakai untuk menentukan musuh di wilayah tertentu. Biasanya dipakai untuk menentukan musuh di wilayah tertentu. Biasanya dipakai untuk membuat dungeon)
  7. Pilihan ukuran tampilan map saat pembuatan
  8. Database (Untuk mengatur database game)
  9. resource manager (tempat meng-import file)
  10. Script editor (untuk mengedit script)
  11. Sound test (Untuk dengerin file suara yang ada)
  12. character generator (Untuk membuat sprite kalau males bikin sendiri)
  13. playtest (buat mainin gamenya)

Gue gak bakal ngejelasin hal-hal yang dasar banget. Lo bisa nyoba sendiri. Kayak ngubah tulisan di titlescreen pasti tahu lah caranya.

Karena gue spesialis game puzzle, gue gak bakal ngejelasin hal-hal yang gue kotakin dibawah.


 Karena gue gak tahu mau ngajarin apa, gue bakal ngajarin cara membuat tileset.

Yang dibutuhkan :


  1. Software menggambar (Photoshop, SAI, Paint, dll)
  2. template
  3. niat
Template : 


 Kali ini gue bakal pakai SAI buat gambar. Pertama buka sai, buka template.


 1 kotak di template adalah 1 tile/kotak di game. Untuk patokan tinggi benda, mungkin lo butuh referensi atau tracing dari tileset default.
Untuk tutorial ini, gue bakal contohin pembuatan tileset-B atau perabotan.

Lo bebas gambar dimana aja. Kalau gue biasa mulai dari pojok kiri atas atau pojok kanan bawah. Di tutorial ini gue bakal jelasin cara membuat meja.

Pertama buat layer baru, aktifkan binary tool, lalu buat bentuk meja.



Lalu buat layer dibawah garisnya, warnai.


Kalau sudah sesuai keinginan, ganti layer paling bawah dengan warna solid lalu simpan dengan format .PNG


Import ke RMVXA, dan masuk ke database>>Tileset

masuk ke interior, lalu ganti tileset B dengan file tileset yang tadi dibuat.

Selesai

Dari cara tadi, lo bisa bikin bermacam-macam benda.
---
Buatan gue :

---
Sekian dari gue. Semoga bisa membantu. Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dan request tutorial apa yang harus gue buat selanjutnya. Terimakasih sudah membaca.

2 komentar: