Pages - Menu

Minggu, 07 Desember 2014

Hal yang harus dilakukan sebelum membuat game

Hello para blogger, pembaca, game maker, dan lain sebagainya! Setelah sekian lama akhirnya gue kembali nge-blog lagi. Yeah!. Kali ini gue bakal nulis tentang hal-hal yang harus dilakukan sebelum membuat game. Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman dan gak ngurut. Yang ditulis disini sebenernya gak wajib sih, tapi cukup penting untuk dipraktekkan. Udah curhatnya sekarang masuk ke materi.
1. Putuskan jenis game
Yang pertama udah jelas. Putuskan dulu game macem apa dan bagaimana yang akan dibuat. Entah itu FPS, RPG, Visual novel, dll. Atau campuran semuanya (macem Danganronpa series dan Persona series)

2. Gameplay 
Pemain bakal mainin game lo kayak gimana?. Apakah dikasih nyawa, atau langsung game over kalau kalah. Apakah mau dikasih banyak riddle, fokus ke cerita, atau pertarungan?

3. Cerita
Sekarang banyak game yang berdasarkan cerita. Dan biasanya goal dari gamenya adalah untuk mendapatkan good end/ true end.

Contohnya:

Wadanohara and The Great Blue Sea. (c) Mogeko
Ceritanya tentang menyelamatkan laut dari invasi kerajaan lain (lupa namanya) dan Sea of Death.

Persona Series (Contohnya P3) (c) Atlus
Menceritakan tentang Protagonis/Minato Arisato/Makoto Yuki yang pindah ke Iwatodai. Disana dia bertarung bersama teman-teman seasrama melawan shadow dan mencegah kehancuran dunia.

Seperti itulah

4. Engine (Software untuk membuatnya)
Ada banyak software untuk membuat game. Semuanya bisa di cari di google. Pilih salah satunya dan kuasailah software itu. Beneran, kuasai dulu sebelum membuat game yang serius. Biar lo bisa tahu batasan software yang lo pake, dan gak nyepam forum dengan pertanyaan yang dasar banget. Di beberapa software ada kok petunjuk penggunaannya. 

Contoh software :
  • Game maker (Bisa bikin game tanpa tahu script)
  • Ms.Power Point (Lo bisa bikin game tanya jawab disini. Visual novel juga bisa)
  • Adobe Flash (Butuh pengetahuan ttg actionscript)
  • RPG Maker (Lo bisa bikin game tanpa menyentuh script, tapi kalau pengen game lo lebih keren lagi, lo harus mempelajari script)
  • Unity (Sama kyk RM)

5. Algoritma/alur gamenya
Algoritma adalah susunan tindakan untuk menyelesaikan masalah. Contohnya resep. Harus dilakukan satu persatu dan berurutan.
Contoh : 
Habis si player ngelakuin ini, dia bakal ngapain?
Kalau kita ambil pilihan ini, apa yang bakal terjadi setelahnya?
Kalau kita campur A dengan B dan C, kita bakal dapet apa?
Kalau variabel A nilainya segini, apa yang terjadi?
dsb

6. Tampilan/desain map/grafik/dll
Tampilan sebenarnya harus diputuskan sebelum pembuatan game, sebelum lo menuangkan algoritma/naskah/ide kedalam bentuk game. Karena biasanya kalau tampilan diganti belakangan, lo harus ngecek semuanya dari awal atau ngulang semuanya.

Iya, ini pengalaman pribadi gue.

------------

Sekian artikel ini. Maaf kalau ada kesalahan. Sebenarnya ini lebih mirip curhatan sih. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar